Monday, April 11, 2011

~ 3D DESIGN SCHOOL ~

Di zaman sekarang ini semakin pesatnya teknologi dan pikiran manusia yang semakin kreatif, tentu menimbulkan seseorang untuk berkreasi dalam bidangnya. Apalagi sekarang ini banyak orang-orang yang ingin menciptakan seni-seni yang beda dari biasanya dalam menciptakan sesuatu, tentu saja tidak terlepas dari design.


Design terbagi ke dalam design-design lainnya seperti Design Grafis, Design Interior, Desagin Busana, dan Design Produk.Design grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis seperti buku, majalah dan brosur.Sejalan dengan perkembangan zaman design grafis juga diterapkan dalam media elektronik yang sering disebut design interaktif atau design multimedia.Design grafis bisa diterapkan menjadi sebuah design lingkungan yang mencakup pengolahan ruang. Design interior adalah merencanakan, menata dan merancang ruang- ruang interior dalam bangunan. 

Tatanan fisik di atas dapat memenuhi kebutuhan dasar kita akan sarana untuk bernaung dan berlindung, menentukan langkah sekaligus mengatur bentuk aktifitas kita, memelihara aspirasi kita dan mengekspresikan ide- ide yang mneyertai segala tindakan kita. Dalam desain interior, elemen-elemen yang dipilh dan ditata menjadi pola tiga dimensi sesuai dengan garis- garis besar fungsi, estetika dan perilakunya. Design busana merupakan pengetahuan dasar bagi seorang calon designer. Design tidak hanya sekedar gambar saja tetapi dengan design seseorang dapat membuat pakaian mulai dari mengambil ukuran, membuat pola, pecah pola, menggunting sampai menjahit pakaian dengan kata lain desain merupakan pedoman seseorang dalam mewujudkan pakaian ke bentuk sebenarnya. Oleh karena itu desain busana mempunyai peran penting dalam pembuatan busana atau pakaian.



Disini saya akan membuat sekolah design, tentunya sekolah ini bersifat informal. Didalam pengklasifikasian jenis saya memilih 3 jenis katagori design yang akan saya kembangkan disekolah ini yaitu design grafis, design interior, dan design busana. Saya memilih untuk membuka sekolah ini dikarnakan saya tertarik dalam pengolahan dan pembuatan design, dan saya juga ingin menciptakan tunas-tunas bangsa baru yang berkompeten dalam design dan mereka bisa menciptakan ide-ide yang baru dalam dunia design. Dan alasan mengapa saya ingin membuat sekolah ini karena saya ingin mengembangkan dunia desain dan turut berkontribusi didalamnya. J




Segmentasi dan Target Design School
Segmentasi geografis, saya memilih untuk mendirikan Design School ini di kota, tepatnya kota Jakarta. Agar mudah dijangkau dan di Jakarta lebih banyak minatnya dibanding di daerah.
Segmentasi demografis, disekolah ini mempunyai batasan umur dari 7 tahun sampai 20 tahun. Kenapa saya memilih batasan umur ini dari 6-20 tahun ? karena pengoptimalan seseorang dalam belajar atau mempelajari sesuatu itu dari kecil sampai dewasa awal, walaupun sebenarnya tidak ada batasan bagi seseorang untuk belajar, tapi di tahun-tahun itulah karakteristik terbentuk. Pendapatan orang tua, tidak menjadi pengaruh besar dalam penerimaan siswa yang berminat ingin masuk sekolah ini, karena sekolah ini mempunyai program beasiswa yang ditujukan bagi siswa yang berkompeten, mempunyai minat besar dalam dunia design dan pendapatan orang tua yang kurang mampu. Kami menerima gender atau jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Dan di sekolah ini tidak mengkhususkan agama apa yang dapat mengikuti pembelajaran kami, jadi agama apapun dapat mengikuti pembelajaran di sekolah ini.
Segmentasi sikografis, sekolah ini berada dikalangan mana saja, jadi kami menerima kelas sosial dari mana saja, saya ingin menciptakan sekolah yang benar-benar berisi orang-orang yang ingin berusaha dibidang ini, jadi tidak ada patokan seseorang untuk masuk dalam sekolah ini. Orang tua pasti ingin anak-anaknya creative dalam bidang apapun, apalagi orang tua yang memang sudah terkecimpung dalam dunia seni (design) dan menginginkan anak-anaknya juga creative dalam seni terutama seni dalam design.
Segmentasi behaviour, benefit atau manfaat yang kami berikan meliputi bimbingan kami dalam melayani siswa dengan baik, memberikan pembelajaran yang menarik, dan keuntungan bagi orang tua yang tidak mengecewakanlah pokoknya.
Dinda Habsyah - 1445096075
Manajemen Pendidikan NONREG 2009

No comments:

Post a Comment